Hubungan dengan Hizby di Urusan Duniawi


Shaykh Ubayd ibn `Abdillaah al-Jaabiree

Apakah diperbolehkan untuk berurusan dengan hizby dalam hal yang berkaitan dengan dunia seperti perdagangan, karena beberapa pemuda melakukan ini dan berkata: “Saya tidak berurusan dengan mereka kecuali dalam hal-hal duniawi.”?

Jika Anda mampu membuat orang terinovasi untuk menjauh dari mereka, sedangkan Anda tidak terlibat dalam kegiatan dengan mereka, baik duniawi atau agama, maka lakukanlah.

Sejauh kegiatan keagamaan dan ini disebut ‘dakwah’, maka jangan memberi mereka kesempatan untuk membantu mereka, jangan membantu mereka dalam membangun masjid atau sekolah di mana terdapat bid’ah, atau dalam penerbitan buku-buku yang mengandung bid’ah, jangan pernah! Karena siapa pun yang membantu mereka ketika mengetahui di negara mereka, maka ia seperti mereka, apakah dia sukai atau tidak.

Sejauh urusan duniawi, maka Anda dapat berurusan dengan mereka bila diperlukan. Tapi Anda harus tegas didasarkan pada aqidah yang benar, dan dalam sunnah, menyadari akan kebid’ahan serta menjadi membutuhkan berurusan dengan mereka. Tidak ada yang salah dengan ini sepanjang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak melebihi mereka. Dan berhati-hati bergaul dengan mereka, Nabi sAllaah Allaahu allayhi alaihi wa, bersabda:

“Seseorang itu di atas agama temannya yang paling dicintai, sehingga kamu harus melihat dengan siapa kamu mengambil sebagai teman yang paling kamu cintai.”

Ini adalah masalah yang berbahaya, berapa banyak orang tersapu oleh urusan duniawi sampai mereka menjadi terpisah, dan menjadi salah satu musuh sunnah dan orang-orang atau dari antara mereka yang tidak iri hati, tanpa ‘Baraa atau’ apapun wallaa.

Jadi jika Anda perlu untuk berurusan dengan salah satu dari mereka, seperti dalam mempekerjakan dia, dan Anda bosnya dan pengawas, maka tidak diragukan lagi bahwa ini lebih aman. Tetapi jika ada masalah yang Anda diuji dengan dalam perdagangan sehingga Anda harus bekerja untuk salah satu dari mereka, berhati-hatilah bahwa Anda berurusan dengan dia dalam hal duniawi saja! Ambil jumlah uang ini dan berilah aku jumlah uang, ini adalah tagihan untuk ini, dan ini adalah tagihan untuk itu. Dan jangan masuk ke dalam diskusi yang luas karena dia dapat membujuk Anda untuk bekerja dengan dia dalam urusan agama atau dakwah. Dan jika Anda mampu bekerja sama dengan yang lainnya atau salafiyyin dan dapat melakukan tanpa mereka, maka ini lebih aman untuk Anda dan menghormati (memurnikan-penj) agama Anda. Dan ini adalah apa yang kita dorong dan menyeru kepada Anda untuk melakukannya, adalah yang paling dicintai kepada kami bahwa Anda lakukan tanpa hizbiyyin, harakiyyin (pergerakan-penj), dan semua ahlul bid’ah (mubtadi’-penj)

sumber :
madeenah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: